Penderita Autis Jarang Terkena Kankwr

image

Dari hasil pengamatan yang dilakukan Dr Benjamin Darbro (University of Iowa), penyandang autisme berisiko lebih kecil terserang kanker, kendati mutasi genetik yang mereka alami lebih banyak dibanding mereka yang bukan autis.

Darbro mendapatkan fakta ini setelah membandingkan antara database DNA pasien autisme dengan DNA mereka yang bukan autis. Seperti dugaannya, pasien autis mempunyai variasi gen yang lebih beragam, dan sebagian besar berkaitan dengan kondisi seperti epilepsi dan penurunan intelektual.

Akan tetapi peneliti juga menemukan adanya keragaman pada DNA onkogen mereka. Onkogen merupakan gen yang berperan pada tahap awal pembentukan tumor dan dengan adanya gen ini, kemungkinan sel normal menjadi sel tumor ataupun kanker di tubuh seseorang menjadi semakin besar.

Itu artinya, bila dilihat secara genetik, pasien autisme berpotensi besar untuk mengidap kanker. Tetapi begitu data ini dicocokkan dengan rekam medis pasien autisme dan dibandingkan dengan mereka yang bukan autis, jarang ditemukan adanya diagnosis kanker pada mereka yang autis.

Dari perbandingan antara 1.837 pasien autisme dan 9.336 pasien dengan diagnosis lain ditemukan fakta bahwa 3,9 pasien bukan autis juga mengidap kanker. Sedangkan mereka yang memiliki gejala autisme sekaligus berisiko kanker hanya 1,3 persen. Artinya, penyandang autis berisiko 66 persen lebih kecil terdiagnosis kanker.

“Ada kemungkinan gen-gen pemicu kanker dengan autismenya saling tumpah-tindih sehingga justru memberikan efek perlindungan.

Bahkan efek perlindungan ini semakin kuat terlihat pada pasien muda. Makin muda usia pasien, efek perlindungannya makin kuat. Jadi untuk pasien autis berumur 14 tahun ke bawah, peluang untuk mendapat diagnosis kanker berkurang hingga 94 persen.

Darbro berharap temuan ini dapat berimplikasi pada pengembangan obat anti-kanker baru, dan begitu juga sebaliknya menggali potensi lain dari obat kanker untuk mengobati gejala autisme.

Aumber: science daily

Iklan